Kamis, 19 Januari 2017

KNPB wilayah tidak ikut rapat, Victor Yeimo akan diganti.

 

Dalam rapat PRD dan KNPB se-Papua, Victor Yeimo diusulkan diganti, bahkan beberapa KNPB wilayah menyatakan tidak hadir dalam rapat tersebut sebagai ungkapan kekecewaan atas kelakuan KNPB Pusat terutama Victor Yeimo yang lepas tangan dan tidak membantu KNPB wilayah pasca demo tanggal 19 Desember 2016 lalu.

Telah didapatkan beberapa informasi terkait perkembangan kegiatan KNPB dan rapat PRD dan KNPB se-Papua yang dilaksanakan pada minggu ini. Perwakilan PRD dan KNPB wilayah sudah mulai berdatangan sejak kemarin, Rabu (18/1). Terlihat Ketua PRD Ha Anim Sdri Pangkresia Yeem sudah mendarat di bandara Sentani tanggal 18 Januari pagi kemarin. Rapat kali ini dilaksanakan di daerah Perumnas III Waena juga. Pasalnya dalam rapat PRD dan KNPB se-Papua kali ini ada beberapa KNPB wilayah yang tidak datang menghadiri rapat.

KNPB wilayah yang tidak hadir dalam rapat PRD dan KNPB se-Papua ini merupakan KNPB wilayah yang tidak mendapat bantuan dari KNPB pusat pimpinan Victor Yeimo. Pasalnya pada tanggal 19 Desember 2016 lalu telah dilaksanakan Demo KNPB di berbagai wilayah untuk memberikan dukungan kepada ULMWP pada KTT MSG yang isunya dilaksanakan tanggal 20 Desember 2016. Dalam demo yang dilaksanakan KNPB tersebut, telah dilaksanakan pembubaran oleh Aparat kepolisian karena demo tersebut tidak mendapat ijin dari pihak kepolisian daerah setempat.

Tidak hanya pembubaran massa pada saat aksi demo KNPB pada tanggal 19 Desember tersebut, tetapi di beberapa daerah pembubaran massa oleh pihak Kepolisian tersebut berakhir dengan penangkapan beberapa aktivis KNPB yang diduga sebagai provokator dan terkena pasal dugaan makar. Beberapa aktivis KNPB ditangkap dan ditahan di kantor polisi daerah dan dilaksanakan pemerikasaan terhadap mereka.

Para aktivis KNPB yang ditangkap itu merasa sangat kecewa karena tidak ada bantuan dari KNPB Pusat. Mereka merasa ditinggalkan, saat mereka dalam situasi yang sulit dan susah tidak ada satu pun pihak KNPB Pusat yang menolong mereka, padahal apa yang mereka lakukan adalah atas perintah dari KNPB Pusat.

“Sa kecewa dengan KNPB Pusat, tong di sini berjuang susah payah, merencanakan dan menyiapkan aksi Demo tanggal 19 Desember, tapi begitu tong ditangkap oleh aparat, KNPB Pusat tra ada yang tolong, hilang, lari dan lepas tangan semua. Tra ada tanggung jawab” pungkas Simeon Daby, Ketua KNPB Wamena pada pertemuan antara pihak KNPB dan PRD dengan perwakilan 3 Fraksi yang bergabung di bawah ULMWP (PNWP, NRFPB dan WPNCL) di Sekretariat KNPB Jln. Irian Atas belakang Tongkonan tanggal 24 Desember 2016 lalu.


Dan hal yang paling mengesalkan adalah saat semua orang dalam kesulitan, Victor Yeimo selaku ketua KNPB Pusat malah pergi untuk mengikuti pertemuan MSG tanpa memberitahukan kepada KNPB wilayah. Seakan-akan dia lepas tanggung jawab dan melarikan diri ke luar negeri karena sebenarnya KTT MSG tanggal 20 Desember 2016 itu pun tidak ada. Melihat kinerja dan perilakunya tersebut, KNPB wilayah akan memaksa turun Victor Yeimo dari Ketua KNPB Pusat.


9 komentar:

susana taote mengatakan...

ko ditipu saja oleh KNPB pusat

Yulius klemen mengatakan...

Para aktivis KNPB yang ditangkap itu merasa sangat kecewa karena tidak ada bantuan dari KNPB Pusat

Kelly Rumbiak mengatakan...

tra usah di ganti dibubarkan saja

Ramos Semi mengatakan...

bubarkan saja semua

Alex Pakage mengatakan...

kam dua tra kosong

Unknown mengatakan...

Berpikir dulu sebelum bertindak, sodara saodari.Kemungkinan, ada baiknya juga. Karena,ada orang Papua sendiri juga yang jadi Yudas dan mengacaukan perjuangan West Papua Merdeka.

Unknown mengatakan...

Berpikir dulu sebelum bertindak, sodara saodari.Kemungkinan, ada baiknya juga. Karena,ada orang Papua sendiri juga yang jadi Yudas dan mengacaukan perjuangan West Papua Merdeka.

Anonim mengatakan...

Masukan, kalo bisa keputusan pemberhentian ketu KNPB Pusat itu beri koma dulu, yg lbih penting di awali dgn hati yg dingin menggundang semua pihak mengadakan dialog terbuka antara PRD KNPB Wilaya mencari soluksi terbaik untuk keharmonisan masa kini dan seterusnya.

ASLAN KAONAK WIRIMBUCK mengatakan...

Berita lokal begini jgn percaja